Xie Xingfang Segera Pensiun

xie xingfang

xie xingfang

Beijing – China akan kehilangan salah satu pebulutangkis putri terbaiknya menyusul rencana pensiun Xie Xingfang. Mantan juara dunia dua kali itu bakal gantung raket bulan depan.

“Tahun lalu saya sudah membuat keputusan untuk mengakhiri karir setelah Kejuaraan Nasional, tapi saya tak mengumumkannya pada publik karena saya tak ingin hal ini dibesar-besarkan media di luar proporsi,” ungkap Xie pada Guangzhou Daily seperti diberitakan Reuters.

Keputusan Xie Xingfang (28 tahun) pensiun akan mengakhiri satu dekade karir internasionalnya di dunia bulutangkis. Dalam kurun tersebut banyak prestasi berhasil diraih putri kelahiran 8 Januari 1981 itu.

Sukses terbesar Xie Xingfang tentu saja saat dia menjadi juara dunia tunggal putri di tahun 2005 dan 2006. Keberhasilan lain yang berhasil dia rengkuh adalah satu kali juara Asia, tiga kali memperkuat tim Piala Uber China, serta lebih dari 10 titel juara di seri grand prix bulutangkis.

“Lin Dan menghormati keputusan saya, tapi dia tak bisa menolerasi karena saya akan punya banyak waktu senggang. Dia bilang kalau dia sudah menemukan pekerjaan untuk saya,” sambung Xingfang saat ditanya tanggapan kekasihnya, Lin Dan, soal keputusan yang dibuat.

Xie Xingfang awalnya adalah pemain ganda putri. Namun setelah bakat besarnya ditemukan Li Yongbo, dia kemudian beralih menjadi pemain tunggal. Keputusan yang sangat tepat karena bersama rekannya, Zhang Ning, dia mampu menguasai nomor tunggal putri selama beberapa tahun.

“Xie menunjukkan kalau dia adalah salah satu pemain bterbaik dunia. Kami menghormati keputusannya. Kejuaraan Nasional di bulan Oktober sepertinya akan menjadi turnamen terakhirnya. Saya yakin dia akan terus mendedikasikan dirinya pada olahraga ini dengan cara yang berbeda,” komentar Li Yongbo.http://m.detik.com

Leave a Reply

